Unibore

 

 

System lubang bersatu (Unibore Nozzle System) telah dipatenkan Capital Refractories dan ditambahkan kepada Multicast - system batang sumbat (stopper rod) yang dapat dipakai berulang. Dua paduan system yang unik ini terdiri dari bagian luar dan bagian dalam, yang tersedia dalam berbagai ukuran; dan gasket serat (fibre gasket) yang menyegel kedua nozzle tersebut. Hal ini, bila diperlukan, memungkinkan cara pakai baru mengganti berbagai ukuran lubang nozzle dengan hanya mengganti bagian yang dalam di tiap penuangan.

 

Nozzle ComparisonDua potong nozzle yang unik dari Unibore, secara mendasar berbeda dengan satu potong nozzle biasa.

Ada dua perbedaan besar:

Yang pertama adanya bukaan yang lebih besar dari nozzle luar dibandingkan nozzle biasa.

Yang kedua, nozzle dalam yang memiliki kemiringan (taper) tersedia untuk beragam diameter lubang. Nozzle dengan cepat dan mudah diganti dari luar terhindar paparan panas. Selama itu, batang sumbat tetap ditempatnya tanpa perlu di atur ulang.

 

Ladle
Pour
Mudah Dipasang
Logam mengalir lewat Unibore

 

Keuntungan Unibore:-

  1. Berkurangnya biaya bahan habis pakai, terutama batang sumbat (stopper rod), nozzle dan filter.
  2. Aliran logam yang lebih cepat, mapan dan teratur.
  3. Berpotensi meningkatkan kualitas coran.
  4. Mengurangi aliran yang kacau dan terhambat.
  5. Keluwesan untuk memilih ukuran lubang yang tepat untuk coran yang terencana.
  6. Pemakaian berulang mangkok (ladle) yang lebih cepat.
  7. Mengurangi pemanasan mangkok diantara tuangan.
  8. Pengurangan biaya buruh dari pengaturan batang sumbat dan mangkok.
  9. Dapat mengurangi jumlah mangkok yang diperlukan.
  10. Dapat dipergunakan pada umumnya mangkok tuang bawah (bottom pour ladle).

Selain keluwesan ukuran lubang, ada potensi keuntungan teknis dengan memakai system ini. Bukaan yang besar pada nozzle luar mengurangi hambatan dari batang sumbat (stopper rod) dan nozzle. Percobaan oleh pelanggan menunjukkan pengurangan gerusan pada pasir cetak (mould washing). Ini karena kurangnya aliran kacau (vortex) oleh rancangan kemiringan (taper) nozzle dalam. Ini menghasilkan peningkatan kualitas coran dan perlunya perbaikan (rework) coran.

Unibore Pour RateKarena kurangnya tahanan aliran logam yang melewati Unibore, kecepatan alir lebih tinggi dibandingkan nozzle biasa. Jadi untuk mencapai laju aliran yang sama, nozzle Unibore dengan ukuran yang lebih kecil yang dipakai. Dapat dilihat gambar dikanan, yang dipilah dari percobaan yang sangat banyak di pabrik peleburan (foundry) besar di Inggris.

Unibore tersedia dalam beragam ukuran lubang dari 25 sampai 100 mm.

Unibore telah dicoba dan diterima oleh banyak foundry di Inggris dan lain negeri dengan sukses besar: mengurangi cacat dan memperbaiki laju tolakan (scrap rate). Semua pemakai melaporkan peningkatan efesiensi dengan operasi yang tepat biaya. Jumlah mangkok (ladle inventory) yang diperlukan berkurang dengan mengoptimalkan waktu pemakaian mangkok dan keluwesan untuk mengganti ukuran lubang nozzle yang belum pernah terjadi sebelumnya. Unibore juga dapat dipakai di foundry non-besi. Unibore juga baik dipakai pada system tuang otomatis (auto pour) yang memberikan lebih banyak keluwesan pada proses pengecoran. Semua ini dipadukan dengan potensi peningkatan kualitas coran dan berkurangnya perbaikan (rework), memberikan keuntungan unik menurunkan biaya operasi di pabrik anda.