Multicast

 

 

Capital Refractories telah mem-patent kan sistem tuang berulang (Multicast System) yang dipakai di mangkok (ladle). Caranya dengan memakai batang sumbat (stopper rod) berupa batang alumina berbungkus graphite, yang umumnya bisa dipakai, minimum 10 kali - tergantung pada paduam logam cair dan suhu. Batang sumbat tersebut membutuhkan pengaturan sekali saja, yang mengakibatkan penghematan waktu dan tenaga kerja yang besar. Gasket khusus yang bisa hancur (telah dipatenkan) dipakai untuk mencegah batang sumbat lengket dan kebocoran.

Sistem tuang berulang memakai nozzle (refractory dengan alumina tinggi) yang dapat dipakai berulang. Umur dari nozzle ini, tergantung dari paduan logam cair yang dituang dan suhunya, umumnya berumur, minimum 5 kali tuang sebelum perlu diganti. Pada jeda waktu tuang, ukuran lubang (bore diameter) dapat ditukar ganti dengan ukuran lain sesuai keperluan dan ukuran coran.


Kelebihan dari Multicast System

  1. Penghematan biaya tenaga kerja, yakni tidak perlu mengatur ulang batang sumbat dan nozzle tiap kali tuang.
  2. Pengurangan biaya bahan habis pakai (consumables), yakni batang sumbat (alumina berbungkus grafit) dapat dipakai berulang minimum 10 kali dan nozzle (alumina) minimum 5 kali tuang.
  3. Pengurangan biaya pelapis mangkok (ladle lining), seperti castable, dengan berkurangnya siklus beban panas, yang berarti berkurang biaya perawatan (maintenance) dengan bertambah panjangnya umur pelapis tersebut.
  4. Berkurangnya keperluan penambalan (patching) dan perbaikan dengan memakai castable rendah semen (low cement castable) yang berkekuatan tinggi. Juga bentuk kerucut terbalik dari nozzle tidak memerlukan perekat semen khusus.
  5. Pengurangan biaya pemanasan mangkok (ladle pre-heat) karena dipakai berulang tanpa jeda.
  6. Pemakaian tinggi mangkok (ladle) yang berarti mengurangi jumlah mangkok yang beroperasi.
  7. Pengurangan sampah refractory karena lebih sedikit refractory yang terbuang.
  8. Penurunan tingkat tolakan (scrap rate) karena berkurangnya pengotor dari refractory, mangkok yang lebih panas dan alir cairan logam yang lebih konsisten.